(0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765 prokopimksb@gmail.com

No

NAMA

NIP

JABATAN

1.

KHUSNARTI , S.Pd.M.M.Inov

197004251997032004

Asisten Pemerintahan & Kesejahtaraan Rakyat pada Setda KSB

2.

MUHAMMAD YUSUF , S.I.P.
196512081986021006

Asisten Ekonomi dan  Pembangunan pada Setda KSB

3.


dr. H. SYAIFUDDIN

 196907181999031002

Asisten Administrasi Umum pada Setda KSB

4.

IBRAHIM , S.Sos., M.M.
​196510281986111001

Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan

5.

H. WAHIDIN,S.Pd.,MM

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan

6.

Drs. IBRAHIM

​ ​196612311993031173

Staf Ahli Bupati Bidang Aparatur dn Kemasyarakatan

7.

Drs. TAJUDDIN

​ ​196612311993111006

Inspektur Inspektorat DaerahKabupaten Sumbawa Barat

8.

SUHADI, S.P., M.Si.

197405202005011010

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang

9.

Drs. MULYADI , M.Si

196512311986081006

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia

10.

Ns. KAMALUDDIN , S.Kep.

​196705051988031016

Kepala Dinas Penanaman Modal dan  Pelayanan

11.

SYARIFUDDIN, S.Pd

​196907091993071003

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja 

12.

SYAHRIL , ST.

197511102005011014

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataaan Ruang Perumahan dan Permukiman

13.

NOTO KARYONO, Spi.,M.Si

 ​196703041988031012

Kepala Dinas Perikanan

14.

MUHAMMAD SUHARNO , S.Sos., M.M.Inov.

 ​196811101998031014

Kepala Dinas Perhubungan

15.

Ir. ABDUL MUIS , M.M.

196602151996031003

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika

16.

SURYAMAN , S.STP., M.Si.

198203202001121003

DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

17.

SLAMET RIADI , S.Pi.,M.Si.

​197504281999021002

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi

18.

AGUS PURNAWAN , S.Pi., M.M.

 ​196808081989031013

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A)

19.

ERNA IDAWATY , SE.
196605251986032012

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah

20.

H. Abdul Hamid, S,Pd., M.Pd

196612311993111006

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

21.

Drs. ABDUL RAZAK.

 196802011995121004

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran

22.

Ir. Irhas Rahmanuddin Rayes, M.Si

196511021990031011

Sekretaris DPRD KSB

23.

AGUS , S.Pd.
​ 197808062003121006

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

24.

NURDIN RAHMAN , SE.

196807081998031010

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga

25.

Jamilatun, S.Pt,M.M.Inov

Kepala Dinas Pertanian

26.

AKU NUR RAHMADIN, S.Pd., M.M.Inov

​ ​197009241991021001

Kepala Dinas Lingkungan Hidup

27.

AMIN SUDIONO , M.M.

196512311992031218

Kepala Dinas Ketahanan Pangan

28.

ARI HADIARTA , ST., M.Si

198011072005011008

Kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah

29.

AMIR SARIFUDDIN , S.Pd., ST., M.M
197406252005011013

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah

30.

Kepala Dinas Kesehatan

31.

FERIAL , S.K.M.

196907181999031002

Kepala Dinas Sosial

32.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

33.

ABDULLAH, S.Pd

19631231 199003 1  216

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah

34.

I MADE BUDI ARTHA , S.Sos., M.M.

197403161993011001

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

35.

dr. Carlof

Direktur RSUD Asy-Syifa’ KSB

36.

MUJIBURRAHMAN,ST,M.M.Inov

Kepala Bagian Umum pada Setda KSB

37.

BERI HAMDAN, SP.,M.Si

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Setda KSB

38.

M. YUSFI KHALID, SKM

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat pada Setda

39.

HERMANSYAH, ST

197406252005011013

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan pada Setda KSB

40.

ZAINUL AMRY

19660215 199603 1 003 

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada Setda KSB

41.

AGUSMAN, S.PT

 198203202001121003

Kepala Bagian Pemerintahan pada Setda KSB

42.

HASANUDDIN, S.H., M.H

Kepala Bagian Hukum pada Setda KSB

43.

M.TAUFIQ DIRJAWIJAYA

Kepala Bagian Organisasi pada Setda KSB

44.

Sri Ayu Idayani, S.E., M.M

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam pada Setda KSB

45.

Kepala Bagian Persidangan Perundang-undangan dan Humas pada Sekretariat DPRD KSB

46.

Kepala Bagian Umum dan Penyusunan Program pada Sekretariat DPRD KSB

47.

Kepala Bagian Penyusunan Program dan Keuangan pada Sekretariat DPRD KSB

48.

Agusman, S.Pt

Plt.Camat Poto Tano

49.

SYAMSUL HADI

Camat Seteluk

50.

HERMANTO, S.Pd

Camat Taliwang

51.

ARKAMUDDIN, S.Pi

Camat Brang Rea

52.

SUARMAN,S.Pd

Camat Brang Ene

53.

SOLIHIN, S.Pd

Camat Jereweh

54.

MULYADI

196310191985021002

Camat Maluk

55.

Camat Sekongkang

56.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang

57.

Sekretaris Inspektorat Daerah KSB

58.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM

59.

Akhairuddin Juliadi

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

60.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

61.

Sekretaris Dinas Sosial

62.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

63.

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah

64.

Sekretaris Badan Pendapatan dan Aset Daerah

65.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

66.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan

67.

Sekretaris Dinas Perikanan

68.

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran

69.

Sekretaris Dinas Perhubungan

70.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika

71.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

72.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup

73.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

74.


Sekretars Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga

75.

Sekretaris Dinas Pertanian

76.

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja

77.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

DAFTAR NAMA DAN NO. HP KADES

 

DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

 

 

 

No

Kecamatan

Nama Desa

Nama

No. HP

 

 

 

 

1

TALIWANG

1

Lalar Liang

Syamsul Hakim, S.IP

085 399 906 617

 

 

 

2

Labuhan Lalar

Rahmanuddin

082 340 791 135

 

 

 

3

Labuhan Kertasari

Syarifuddin

082 146 418 422

 

 

 

4

Banjar

Syaifullah

085 239 870 965

 

 

 

5

Batu Putih

Sahriluddin

082 359 011 754

 

 

 

6

Sermong

Rosidi, S.SOS

 

 

 

 

7

Tamekan

Yulhaidir

081 236 232 634

 

 

 

8

Seloto

Jalaluddin

085 333 207 791

 

 

 

2

BRANG ENE

1

Manemeng

Ibrahim

082 144 190 502

 

 

 

2

Mura

Sirajul Munir

085 239 659 972

 

 

 

3

Mujahiddin

H. Sahrul

085 239 818 737

 

 

 

4

Lampok

Kartono

082 144  686 130

 

 

 

5

Kalimantong

Ayubar

081 239 511 334

 

 

085 333 617 829

 

 

6

Mataiyang

Khairul

 

085 235 724 265

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

BRANG REA

1

Sapugara Bree

Andi Subandi

081 236 908 148

 

 

 

 

 

2

Seminar Salit

Khairuddin

 

 

 

 

 

 

3

Desa Beru

Muttamudin, S.TP

087 765 512 229

 

 

 

 

 

4

Tepas

Hendra Kusuma

085 205 020 045

 

 

 

 

 

5

Tepas Sepakat

Khairuddin

 

 

 

 

 

 

6

Lamuntet

Syafruddin

085 333 498 735

 

 

 

 

 

7

Bangkat Monteh

Sangkot

081 907 778 66

 

 

 

 

 

8

Rarak Ronges

Aripin, S.AP

082 341 386 225

 

 

 

 

 

9

Moteng

Ahyar Rosidi

082 339 509 332

 

 

 

 

 

4

JEREWEH

1

 Dasan Anyar

Muhammad Solihin

082 144 517 252

 

 

 

 

 

2

 Goa

Bayhaqi

085 238 732 603

 

 

 

 

 

3

 Beru

Joehari Efendi, S.AP

085 238 222 330

 

 

 

 

 

4

 Belo

Kaharuddin, S.Hi.,M.Pd

081 139 2001

 

 

 

 

 

5

MALUK

1

Benete

Sirajuddin, AK

 

 

 

 

 

 

2

Maluk

Yuyun Yuliati, SE

082 359 320 051

 

 

 

 

 

3

Bukit Damai

Suwardi

081 339 744 938

 

 

 

 

 

4

Pasir Putih

L. Sujarwadi

085 253 836 151

 

 

 

 

 

5

Mantun

Sahril

081 906 918 782

 

 
 

 

 

 

 
         

 

 

6

SEKONGKANG

1

Sekongkang Bawah

Sudirman, S.IP

081 237 186 959

 

 

 

 

 

2

Sekongkang Atas

M. Saleh 

081 907 947 733

 

 

 

 

 

3

Kemuning

Erman Maulana

 

 

 

 

 

4

Tatar

Muhammad Yunus

082 339 007 078

 

 

 

 

 

5

Ai Kangkung

Ratnawati

085 205 066 566

 

 

 

 

 

6

Tongo

Idham Halid, S.Pi

081 236 708 318

 

 

 

 

 

7

Talonang Baru

Budi Haryo

082 340 361 712

 

 

081 237 443 808

 

 

7

SETELUK

1

Meraran

Abdul Kadir

085 338 047 490

 

 

 

 

 

2

Lamusung

Surya Ratna

081 237 249 494

 

 

 

 

 

3

Kelanir

Muslihin

085 205 995 975

 

 

 

 

 

4

Loka

Indermawan

081 915 886 966

 

 

 

 

 

5

Rempe

Abdul Wahab

085 238 231 319

 

 

 

 

 

6

Seran

Ramli Ade Putra

085 338 244 159

 

 

 

 

 

7

Air Suning

Syafruddin

085 239 008 740

 

 

 

 

 

8

Tapir

Sainuddin, SE

081 915 832 324

 

 

 

 

 

9

Seteluk Tengah

Jaya Putra

081 237 020 211

 

 

 

 

 

10

Seteluk Atas

Abdullah

081 909 067 757

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

POTO TANO

1

Senayan

H. Junaidi

085 337 656 554

 

 

 

 

 

2

Tebo

Abdul Wahab

081 338 022 917

 

 

 

 

 

3

Kokarlian

Anasrullah

 

 

 

 

 

 

4

Kiantar

Hasbullah

082 247 059 942

 

 

 

 

 

5

Tuananga

Hamzah

 

 

 

 

6

Mantar

Asmono

081 239 672 751

 

 

 

 

 

7

Tambak Sari

Suhardi

082 339 976 219

 

 

 

 

 

8

Poto Tano

M. Nur Hasan

081 238 312 070

 

 

 

 

 

 

 

INSPEKTORAT

Nama

Drs. Tajuddin, M. Si

NIP

19661231 199311 1 006

Pangkat/Golongan

Pembina Utama Muda IV/c

TTL

Ledang, 31 Desember 1966

Agama

Islam

Telepon/HP

085 338 972 989

E-Mail

Tajuddinksb74@gmail.com

Alamat Rumah

RT. 08 Desa Desa Beru Kec. Brang Rea

Alamat Kantor

Jln Bung Karno Komplek KTC

Riwayat Pendidikan

SDN Negeri Ledang

 

SMP Negeri 1 Sumbawa Besar

 

SMEA Persiapan Sumbawa Besar

 

Universitas Merdeka Malang

Riwayat Jabatan

Kepala Bidang Pengawasan Aset dan Keuangan

 

Inpektur Pembantu Wilayah III

 

Sekretaris Dishubkominfo

 

Sekretaris Dinas Kesehatan

 

Sekretaris BPMD

 

Sekretaris Dikpora

 

Camat Brang Rea

 

Sekretaris / Plt. Kadis Dikpora KSB

 

Kadis Dikpora KSB

 

Kaban BKD KSB

 

Kepala Dinas PMPTSP

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa KSB

 

Inspektur Inspektorat KSB

 

 

Riwayat Organisasi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI INSPEKTORAT KABUPATEN SUMBAWA BARAT

KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

  • (1) Inspektorat merupakan unsur pengawas penyelenggaraan pemerintahan daerah;
  • (2) Inspektorat sebagaimana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh Inspektur;
  • (3) Inspektur sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah;
  • (4) Inspektorat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai tugas membantu Bupati dalam membina dan me ngawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan Perangkat Daerah;
  • (5) Inspektorat dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (4) menyelenggarakan fungsi :
    • a. perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
    • b. pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya;
    • c. pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Bupati;
    • d. penyusunan laporan hasil pengawasan;
    • e. pelaksanaan administrasi inspektorat; dan
    • f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

SUSUNAN ORGANISASI

Inspektorat terdiri dari:

  • a. Inspektur;
  • b. Sekretariat;
  • c. Inspektur Pembantu Wilayah I;
  • d. Inspektur Pembantu Wilayah II;
  • e. Inspektur Pembantu Wilayah III;
  • f. Kelompok Jabatan Fungsional

 

BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Nama

:

Drs. Mulyadi

NIP

:

196512311986081006

Pangkat/ Golongan

:

Pembina Utama Muda, IV/c

TTL

:

Lombok Tengah, 31 Desember 1965

Agama

:

Islam

Email

:

yusleneng_ksb@yahoo.com

Alamat Rumah

:

RT. 001, RW 008, Lingkungan Kemutar Telu, Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang-KSB

Alamat Kantor

:

Jalan Bung Karno Nomor 10 Kompleks KTC

Riwayat Pendidikan

:

Universitas Merdeka Malang (S2)

 

 

Institut Ilmu  Pemerintahan Jakarta (S1)

 

 

APDN Mataram (DIII)

 

 

SMAN 1 Praya

 

 

SMPN 1 Praya

 

 

SDN 1 Leneng

Riwayat Jabatan

:

Kepala BKPSDM

 

 

Asisten Pemerintahan dan Kesra

 

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

 

 

Kepala Kantor Kesbangpol Linmas

 

 

Kepala Bagian Pemerintahan

 

 

Kasubbid Pemerintahan Umum dan Desa

 

 

Sekretaris Camat Taliwang

 

 

Sekretaris Camat Ropang

 

 

Sekretaris Camat Lunyuk

Riwayat Organisasi

:

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS : Badan mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kepegawaian  yang menjadi kewenangan daerah, dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI:

  1. penyusunan kebijakan teknis bidang kepegawaian;
  2. pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang kepegawaian;
  3. pembinaan teknis penyelenggaraan bidang kepegawaian ;
  4. pembinaan, koordinasi, pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan pengembangan dan informasi pegawai, mutasi, serta pengendalian dan perlindungan aparatur, ;
  5. pelaksanaan administrasi/penatausahaan Badan;
  6. pembinaan terhadap UPT Badan;
  7. pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang kepegawaian pendidikan dan pelatihan; dan
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

1.

Nama

:

SUHADI, S.P., M.Si.

2.

NIP

:

197405202005011010

3.

Pangkat/Golongan

:

Pembina Utama Muda, IV/c

4.

Tempat Tanggal Lahir

:

Taliwang, 20 Mei 1974

5.

Agama

:

Islam

6.

Telephon/HP

:

0811390953

7.

e-mail

:

suhadiahs@gmail.com

8.

Alamat Rumah

:

Jln. Zainuddin Abdul Majid RT.003 RW.010 Kel. Kuang Kec. Taliwang Kab. Sumbawa Barat Prov. NTB

9.

Alamat Kantor

:

Jln. Bung Karno No. 5 Komplek Kemutar Telu Center (KTC) Taliwang

10.

Riwayat Pendidikan

:

SD Negeri 05 Taliwang, 1987

SMP Negeri 1 Taliwang, 1990

SPP Negeri Mataram, 1993

S1 Institut Pertanian Bogor  (2004) (2017-Ijazah Pengganti)

S2 Universtas Merdeka Malang, 2009

11.

Riwayat  Jabatan

:

Kepala Seksi Penyusunan Anggaran pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kab. Sumbawa Barat (Eselon VI.a – 03/06/2009)

Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Informasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sumbawa Barat (Eselon III.b – 03/05/2012)

Kepala Bidang Anggaran pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah Kab. Sumbawa Barat (Eselon III.b – 03/01/2013)

Kepala Bidang Anggaran pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kab. Sumbawa Barat (Eselon III.b – 03/01/2017)

Sekretaris pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah   Kab. Sumbawa Barat (Eselon III.a – 05/01/2018)

Sekretaris pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang Kab. Sumbawa Barat (Eselon III.a – 09/03/2018)

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kab. Sumbawa Barat (Eselon II.b – 31/12/2018)

Kepala Dinas Pertanian Kab. Sumbawa Barat (Eselon II.b – 07/01/2020)

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kab. Sumbawa Barat (Eselon II.b – 06/09/2022)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Sumbawa Barat (Eselon II.b – 26/05/2025)

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang perencanaan pembangunan Daerah, penelitian pengembangan, dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI :

  1. penyusunan kebijakan teknis perencanaan pembangunan dan penelitian dan pengembangan;
  2. pelaksanaan tugas dukungan bidang perencanaan pembangunan dan penelitian dan pengembangan;
  3. pembinaan teknis penyelenggaraan perencanaan pembangunan dan penelitian dan pengembangan;
  4. pembinaan, koordinasi, pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan perencanaan pembangunan dan penelitian dan pengembangan;
  5. pelaksanaan administrasi/penatausahaan Badan;
  6. pembagian tugas koordinasi perencanaan pembangunan Bidang Ekonomi, Bidang Fisik Dan Prasarana, dan Bidang Sosial Budaya Dan Pemerintahan;
  7. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis perencanaan pembangunan dan penelitian dan pengembangan; dan
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

===========================================================================

DOKUMEN TERKAIT: 

 

PROFIL KEPALA OPD

Nama                         : AMIR SARIFUDDIN , S.Pd., ST., M.M.

NIP                             : 197406252005011013

Jabatan                      : Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah

 

PROFIL OPD

1

Alamat OPD

Jl. Bung karno No. 04 Lingkungan KTC Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat NTB

2

Struktur Organisasi/Nama-Nama Pejabat

Lihat Lampiran 1

3

Visi dan Misi

 

4

Program Kerja

Melaksanakan Pelayanan Administrasi Perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana aparatur, peningkatan disiplin aparatur, peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan, peningkatan sistem pengelolaan keuangan perangkat daerah, peningkatan penataan administrasi kepegawaian, peningkatan sistem perencanaan perangkat daerah, melaksanakan peningkatan kualitas penganggaran daerah, peningkatan kualitas perencanaan belanja tidak langsung dan pembiayaan, peningkatan dan pengembangan sistem informasi keuangan daerah, peningkatan kualitas sistem pembukuan keuangan daerah, peningkatan pembinaan dan evaluasi keuangan perangkat daerah, peningkatan kualitas pelaporan keuangan daerah, peningkatan manajemen pengelolaan kas daerah, peningkatan kualitas sistem adminitrasi keuangan belanja daerah, peningkatan kualitas sistem pembinaan evaluasi dan verifikasi bendahara, pembinaan dan fasilitasi pengelolaan keuangan kabupaten/kota  yang tertib, taat aturan, efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab.

5

Penghargaan yang pernah diterima

–       Piagam Penghargaan “WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah)” berturut turut dari Tahun 2015-2020 dari BPK RI Provinsi Mataram

–       Piagam Penghargaan “Sebagai OPD mitra kerja Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB dalam Penyampaian LKPD” dari Kantor Wilayah Direktorat Jendral Provinsi NTB.

6

Data terkait sesuai Tupoksi OPD

 

7

Alamat Website

 

www.prokopim.sumbawabaratkab.go.id

 

8

Aplikasi dan Media Sosial OPD

–       Aplikasi : Monitoring Keuangan Daerah

–       Alamat e-mail: bpkdksb9@gmail.com 

–       telp: 0372-8281704

–       Fax: 0372-8281704

 

 

PROGGRAM UNGGULAN OPD

Tahun Anggaran

Proggram

Target

Realisasi

Output

Outcome

2021

Program Pengelolaan Keuangan Daerah

100%

100%

Meningkatnya Akuntabilitas Penganggaran, perbendaharaan dan Akutansi Keuangan Daerah

Opini Pengelolaan Keuangan Daerah yang Wajar Tanpa Pengecualian

2020

Peningkatan Kualitas Penganggaran Daerah

100 %

100 %

Meningkatnya Akuntabilitas Penganggaran Daerah

Opini Pengelolaan Keuangan Daerah yang Wajar Tanpa Pengecualian

2019

Peningkatan Kualitas Penganggaran Daerah

100 %

100 %

Meningkatnya Akuntabilitas Penganggaran Daerah

Opini Pengelolaan Keuangan Daerah yang Wajar Tanpa Pengecualian

2018

Peningkatan Kualitas Penganggaran Daerah

100 %

100 %

Meningkatnya Akuntabilitas Penganggaran Daerah

Opini Pengelolaan Keuangan Daerah yang Wajar Tanpa Pengecualian

2017

Peningkatan Kualitas Penganggaran Daerah

100 %

100 %

Meningkatnya Akuntabilitas Penganggaran Daerah

Opini Pengelolaan Keuangan Daerah yang Wajar Tanpa Pengecualian

2016

Peningkatan Kualitas Penganggaran Daerah

100 %

100 %

Meningkatnya Akuntabilitas Penganggaran Daerah

Opini Pengelolaan Keuangan Daerah yang Wajar Tanpa Pengecualian

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah di bidang pengelolaan keuangan daerah yang menjadi kewenangan daerah.

 FUNGSI :

  1. penyusunan kebijakan teknis bidang pengelolaan keuangan daerah:
  2. pelaksanaan dukungan teknis bidang pengelolaan keuangan daerah;
  3. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang pengelolaan keuangan daerah;
  4. pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah bidang pengelolaan keuangan daerah;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.

===========================================================

Dokumen BPKD :

Dokumen BPKD 2020:

  1. RKT BPKD 2020
  2. Renstra BPKD Perubahan 2019
  3. PK Bidang Perbendaharaan 2020
  4. PK Bidang Anggaran 2020
  5. PK Bidang Akutansi 2020
  6. LKJIP 2019 BPKD

KEPALA OPD

  1. Nama                                           :  ARI HADIARTA , ST., M.Si
  2. NIP                                               :  198011072005011008

VISI DAN MISI BADAN PENDAPATAN DAN ASET DAERAH

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

VISI :

Visi BPAD Kabupaten Sumbawa Barat ditetapkan adalah: TERWUJUDNYA  TATA KELOLA PENDAPATAN DAN ASET YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL”.

Visi diatas merupakan suatu gambaran masa depan yang ingin dicapai oleh Badan Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Sumbawa Barat dalam pelaksanaan program-program yang telah ditetapkan.

MISI :

Misi Badan Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Sumbawa Barat  dirumuskan sesuai dengan tupoksi yang diemban yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Kelancaran dan Ketertiban Pelayanan Internal;
  2. Menggali Potensi Pendapatan dan Kualitas Pengelolaan Pendapatan Daerah;
  3. Meningkatkan ketertiban Penatausahaan dan Optimalisasi Pengelolaan Aset Daerah;
  4. Meningkatkan Ketertiban Pembukuan dan Pelaporan;
  5. Meningkatkan Kapasitas Pengelola Pasar.

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN PENDAPATAN DAN ASET DAERAH

KABUPATEN  SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Melaksanakan fungsi penunjang di bidang pendapatan dan aset daerah yang menjadi kewenangan daerah, dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI :

  1. penyusunan kebijakan teknis bidang pendapatan dan aset daerah:
  2. pelaksanaan dukungan teknis bidang pendapatan dan aset daerah;
  3. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang pendapatan dan aset daerah;
  4. pelaksanaan administrasi / penatausahaan Badan;
  5. pembinaan terhadap UPT Badan;
  6. pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah bidang pendapatan dan aset daerah;
  7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.

========================================================

Dokumen Terkait:

PROFIL KEPALA OPD

Nama                          : ABDULLAH, S.Pd

NIP                              : 19631231 199003 1 216

Jabatan                       : Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah

DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Nama : Ns. H. Kamaluddin, S.Kep
NIP : 196705051988031016
Pangkat/Golongan : Pembina Utama Muda IV/c
TLL : Taliwang, 05 – 05 – 1967
Agama : Islam
Telepon/HP : 085339501992
E-mail : dpukamal@gmail.com
Alamat Rumah : Lingk. Bosok RT/RW.002/005 Kelurahan Manala Kecamatan Taliwang
Alamat Kantor : Jln Bung Karno – Lingkungan Kemutar Telu Center
Riwayat Pendididkan : 1. SD Negeri 3 Taliwang Tahun 1980
    2. SMP Negeri I Taliwang Tahun 1983
    3. SPK Sumbawa (Keperawatan) Tahun 1987
    4. D-III Akper Malang (Keperawatan) Tahun 1997
    5. S-1 Universitas Brawijaya Malang Tahun 2005
    6. S-2 Universitas Gajayana Malang Tahun 2007
Riwayat Jabatan : 1) Plt. Kasi Bina Program PKM dan Rumah Sakit (3 Mei 2006)
    2) Kasi Bina Program PKM dan Rumah Sakit (25 April 2007)
    3. Kabid Yankes Dikes KSB (12 Pebruari 2008)
    4. Kabid PSDK Dikes KSB (29 Januari 2010)
    5. Sekretaris Dikes KSB (6 November 2012)
    6. Sekretaris BPM-Pemdes (2 September 2013)
    7. Sekretaris DPU (16 September 2014)
    8. Camat Brang Ene (16 September 2016)
    9. Sekretaris Satpol PP 
    10. Sekretaris Inspektorat
    11. Sekretaris DPMPTSP (10 September 2021)
    12. Kepala DPMPTSP (30 Desember 2023)
Riwayat Organisasi : 1. Kwarting Ranting Taliwang (Seksi Lit Bang) Tahun 1988 – 2002
    2. LKMD (Sesi/Praja V) Tahun 1988 – 2002
    3. Tapak Suci (Ketua) Tahun 1988 – 2005
    4. Remaja Masjid Tahun 2000 – 2005
    5. Sekretaris PMI Kab.Sumbawa Barat (2010-sekarang)

 

StrukturOrganisasi                 :

Kepala Dinas

:

Drs.Tajuddin, M.Si

Sekretaris Dinas

:

Noto Karyono, S.Pi.,M.Si

KepalaBidang PTSP

:

AmriRahmansyah, SE

Kepala Bidang Pengembangan Penanaman Modal dan Potensi

:

Aryati Sri Utami, S.IP.,M.Si

Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama (Plt)

:

Hidayat Amrullah,SH.,M.Kn

Kepala Bidang Pengendalian Penanaman Modal (Plt)

:

ZainulBaqri, S.AP.,M.PA

Kasubbag Umum dan Kepegawaian

:

Muhammad, S.AP

Kasubbag Keuangan

:

Zaenati

Kasubbag Koordinasi dan Penyusunan Program

:

Tries WulanBunga,S.AP

Kasi Perizinan

:

Nuryati, S.Kom

Kasi Non Perizinan

:

Andria Erviyano, S.Kom

Kasi Pengembangan Penanaman Modal

:

NevyArnita, SKM

Kasi Potensi

:

ZainulBaqri, S.AP.,M.PA

Kasi Promosi

:

Nelviani, S.Kom.,M.Si

Kasi Kerjasama

:

Hidayat Amrullah,SH.,M.Kn

Kasi Pengawasan dan Evaluasi

:

Ana Farhana, ST

Kasi Pendataan

:

Noval Juli Rahman, SE

Visi : “Terwujudnya pemenuhan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan menuju Kabupaten Sumbawa Barat sejahtera berlandaskan gotong-royong”.

Misi : “Mewujudkan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat dan pelayanan publik yang berkualitas dan bermanfaat dengan tujuan misi Meningkatkan kualitas layanan Publik”.

Program Kerja

:

Program Peningkatan Sistem Perencanaan Perangkat Daerah

 

 

Program Peningkatan sarana dan Prasarana Aparatur

 

 

Program Peningkatan Penataan Administrasi Kepegawaian

 

 

Program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan

 

 

Program peningkatan Sistem Pengelolaan Keuangan Perangkat Daerah

 

 

Program Peningkatan Sistem Perencanaan Perangkat Daerah

 

 

Program Penyelenggaraan Peningkatkan Pelayanan Perizinan

 

 

Program Penyelenggaraan Peningkatkan Pelayanan Non Perizinan

 

 

Program Pengembangan Iklim dan Realisasi Investasi

 

 

Program Pengembangan Potensi Sumber Daya Daerah

 

 

Program Pengawasan dan Pembinaan Penanaman Modal

 

 

Program PendataandanPengendalianPenanaman Modal

 

 

Program Peningkatan Kerjasama dan Fasilitasi Penanaman Modal

 

 

Program Peningkatan Promosi dan Kerjasama Investasi

Penghargaan yang pernahditerima

:

Data terkaitsesuaiTupoksi DPMPTSP KSB

:

Perbup No. 36 Tahun 2017 tentang RincianTugas, Fungsi danTatakerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

 

 

Surat Keputusan Kepala Dinas No. 188.4/14/DPMPTSP/III/2021 Tentang PembagianTugasPegawai di Lingkungan Dinas Penanaman Modal dan PelayananTerpadu Satu Pintu Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2021

Alamat Website

:

www.dpmptsp.prokopim.sumbawabaratkab.go.id

Aplikasidan Media Sosial DPMPTSP KSB

:

Facebook : DPMPTSPKSB

Layanan Pengaduan (Email : ptsp.sumbawabaratkab@gmail.com)

http://bpmppt.prokopim.sumbawabaratkab.go.id/

DATA TERKAIT

 

SUSUNAN ORGANISASI DINAS PENANAMAN MODAL-PELAYANAN TERPADU SATU PINTU 

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

a. Kepala Dinas;

b. Sekretariat, terdiri dari 3 (tiga) Subbagian yaitu; 

    1. Subbagian Umum dan Kepegawaian;

    2. Subbagian Keuangan;

    3. Subbagian Koordinasi Penyusunan Program.

c. Bidang Pengembangan Penanaman Modal dan Potensi, terdiri dari 2 (dua) Seksi yaitu:

     1. Seksi Pengembangan Penanaman Modal;

     2. Seksi Potensi.

d. Bidang Promosi dan Kerjasama ,terdiri dari 2 (dua) Seksi yaitu:

    1. Seksi Promosi;

     2. Seksi Kerjasama.

e. Bidang Pengendalian Penanaman Modal, terdiri dari 2 (dua) Seksi yaitu:

     1. Seksi Pendataan Penanaman Modal;

     2. Seksi Pengawasan dan Evaluasi Penanaman Modal.

f. Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu, terdiri dari 2 (dua) Seksi yaitu:

     1. Seksi Perizinan;

     2. Seksi Non Perizinan.

g. Unit Pelaksana Teknis Dinas;

h. Kelompok Jabatan Fungsional.  

 
BIODATA KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

 

VISI, MISI, DAN TUJUAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

VISI

“Terwujudnya ketertiban dan ketenteraman serta tegaknya produk hukum daerah menuju masyarakat Sumbawa Barat  yang berkeadilan dan Sejahtera”

MISI

  1. Mewujudkan Stabilitas Daerah yang kondusif melalui penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, penegakan Perda dan Peraturan perundang-undangan lainnya dan Perlindungan Masyarakat.
  2. Meningkatkan pengawasan dan penyidikan terhadap pelanggaran peraturan daerah dan Peraturan Bupati serta koordinasi dengan aparat Kepolisian Negara dan aparatur lainnya.
  3. Meningkatkan Peran Linmas dan Penanggulangan Bencana Alam.
  4. Menuju Masyarakat yang Berkeadilan dan Sejahtera

 

TUJUAN

  1. Meningkatnya efektivitas penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah
  2. Meningkatnya sinergitas dengan stakeholder
  3. Meningkatnya efektivitas operasi dan pengendalian
  4. Meningkatnya kontinuitas pengawasan ketertiban umum
  5. Meningkatnya efektivitas pemantauan dan evaluasi perlindungan masyarakat
  6. Meningkatnya kualitas satuan perlindungan masyarakat
  7. Meningkatnya kualitas dan kuantitas laporan keuangan dan program SKPD
  8. Meningkatnya Efektivitas Pelayanan Perkantoran

======================================
   Dokumen Terkait:

Nama Kepala Dinas : KHUSNARTI , S.Pd.M.M.Inov

NIP                           : 197004251997032004

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

DINAS DIKPORA MEMPUNYAI TUGAS:

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang pendidikan  pemuda dan olahraga dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

DINAS DIKPORA MENYELENGGARAKAN FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang pendidikan pemuda dan olahraga;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pendidikan pemuda dan olahraga;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang pendidikan pemuda dan olahraga;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

Nama  :
H.Abdul Hamid, S.Pd., M.Pd.
NIP : 196902201989031005
Pangkat/Golongan : Pembina Utama Muda, IV/c
TTL : Sumbawa, 20 Februari 1969
Agama : Islam
Telepon/HP : 082147897770
Email  : h_a.hamid@yahoo.com
Alamat Rumah  : Jln.Sejahtera No.4 Telaga Baru A, Taliwang, KSB
Alamat Kantor : Jln. Bung Hatta Kompleks KTC
Riwayat Pendidikan  : SDN 1 Sekongkang
    SMPN Taliwang
    SMAN 1 Sumbawa Besar
    D2 FKIP UNRAM
    D3 FKIP Universitas Terbuka
    S1 FKIP UNRAM
    S2 Universitas Surabaya

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS: Melaksanakan urusan pemerintahan  di bidang pemberdayaan  masyarakat dan desa yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan.  

FUNGSI:

  1. perumusan kebijakan teknis dibidang pemberdayaan masyarakat dan desa;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis dibidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengembangan teknologi tepat guna, pembinaan partisipasi social budaya masyarakat, menejemen dan kelembagaan pemerintahan desa dan kelurahan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dibidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengembangan teknologi tepat guna, pembinaan partisipasi social budaya masyarakat, menejemen dan kelembagaan pemerintahan desa dan kelurahan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

http://www.dpmd.prokopim.sumbawabaratkab.go.id/ 

PROFIL KEPALA OPD

Nama                          : NOTO KARYONO, Spi.,M.Si

NIP                              : ​196703041988031012

Jabatan                       : Kepala Dinas Perikanan

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS  PERIKANAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kelautan dan perikanan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kelautan dan perikanan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kelautan dan perikanan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kelautan dan perikanan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

DOKUMEN TERKAIT:

SAKIP DINAS KELAUTAN & PERIKANAN TAHUN 2019SAKIP DINAS KELAUTAN & PERIKANAN TAHUN 2018

PROFIL KEPALA OPD

Nama                             : SURYAMAN , S.STP., M.Si.

NIP                                 : 198203202001121003

Jabatan                          : Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan 

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS POKOK:

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang koperasi perindustrian dan perdagangan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang koperasi perindustrian dan perdagangan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang koperasi perindustrian dan perdagangan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang koperasi perindustrian dan perdagangan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Dokumen Terkait :

 

DINAS PERHUBUNGAN

Nama  : Muhammad Suharno, S.Sos., M.M.Inov
NIP : 1968111019989031014
Pangkat/Golongan : Pembina Utama Muda, IV/c
TTL : Bima, 10 November 1968
Agama : Islam
Telepon/HP : 0821 1668 8995
Email  :
Alamat Rumah  : RT.003 RW 004 Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang
Alamat Kantor : Dinas Perhubungan Kab. Sumbawa Barat
Riwayat Pendidikan  : S. 1 Tamat Tahun 1993
    S.2 Tamat Tahun 2024
Riwayat Jabatan  : 2008 : Kasubbag Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sumbawa
    2009 : Kasi Pengolahan Data dan Informasi Perijinan Kab. Sumbawa
    2012 : Badan Perencana Pembangunan Daerah Kab. Sumbawa Barat
    2013 : Sekretaris Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Satu Pintu Kab. Sumbawa Barat
    2014 : Sekretaris Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Sumbawa Barat
    2016 : Camat Maluk Kab. Sumbawa Barat
    2017 : Sekdis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sumbawa Barat
    2018 : Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sumbawa Barat
    2021 : Kaban Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Sumbawa Barat
    2025 : Kadis Perhubungan Kab. Sumbawa Barat
Riwayat Organisasi :

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PERHUBUNGAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS: Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang perhubungan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah. FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang perhubungan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang perhubungan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang perhubungan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Nama : Ir. Abdul Muis, M.M.
NIP : 196602151996031003
Pangkat/Golongan : Pembina Utama Muda, IV/c
TTL : Sumbawa, 15 Februari 1966
Agama : Islam
Telepon/HP : 81339856638
E-mail : abdulmuizsyafii@gmail.com
Alamat Rumah : Dsn. Anyar RT 002 Rw 001 Desa Dasan anyar Kecamatan Jereweh – KSB
Alamat Kantor :  Jl. Bung Hatta Komplek KTC Taliwang, e-mail: sekretariat@diskominfo.sumbawabarat.go.id
Riwayat Pendidikan : SD Negeri Inpres Goa Tahun 1980
    SMP Negeri Taliwang Tahun 1983
    SMA Negeri 1 Sumbawa Besar Tahun 1986
    S1 Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian UNRAM Tahun 1992
    S2  Magister Manajemen Sumber Daya Manusia  UNRAM Tahun 2008
Riwayat Jabatan : Kasubbag Penelitian dan Pengembangan Perencanaan Pada bagian Tata Usaha BAPPEDA KSB Tahun 2004 – 2005
    Kasubbag Program dan Keuangan Pada bagian Tata Usaha BAPPEDA KSB Tahun 2006 – 2007
    Kasubbag Perekonomian BAPPEDA KSB Tahun 2007 – 2008
    Kabid Ekonomi BAPPEDA KSB Tahun 2008 – 2011
    Kabid Fisik BAPPEDA KSB Tahun 2011 – 2012
    Camat maluk KSB Tahun 2013 – Juli 2014
    Sekretaris BAPPEDA KSB Juli 2014 – Maret 2017
    Kabag Humas Protokol Tahun Maret 2017
    Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan – KSB   Tahun Desember 2021 – 2023
    Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika – KSB Tahun 2024 – Sekarang
Riwayat Organisasi : LP3ES – NTB Koordinator Program Tahun 1993 – 1995
    LSM – LKS Ketua Tahun 1996 – 2001
    MUI – KSB Anggota Tahun 2012
    ICMI – KSB Wakil Sekretaris Tahun 2014

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang komunikasi dan informatika dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang komunikasi dan informatika;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang komunikasi dan informatika;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang komunikasi dan informatika;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

dokument terkait :

DINAS KETAHANAN PANGAN

Nama  :
Ir. Amin Sudiono, MM
NIP : 196512311992031000
Pangkat/Golongan : Pembina Utama Muda, IV/c
TTL : Taliwang, 31 Desember 1965
Agama : Islam
Telepon/HP : 087738465579
Email  :
Alamat Rumah  : Jln. A.Yani No.73 Lingk. Sampir A, RT 002 RW 001,Kel. Sampir, Kec. Taliwang, KSB, NTB
Alamat Kantor : Jln. Bung Hatta Kompleks KTC
Riwayat Pendidikan  : SDN 11 Taliwang
    SMP 1 Sumbawa
    SMA 1 Sumbawa
    S1 PETERNAKAN UNRAM
    S2 MAGISTER MANAJEMEN UNRAM
Riwayat Jabatan  : Kasubsi Tata Penyuluhan Dinas Peternakan Kab. Dati II Sumbawa
    Kasi Penyusunan Program Dinas Peternakan Sumbawa
    Kasi Kelembagaan Peternakan Kab. Sumbawa
    Kabag Ekbang Sumbawa Barat
    Kabid Ekonomi Pembangunan Potensi Daerah KSB
    Kepala DPPKD KSB
    Kepala Diskoperindag KSB
    Kepala Perikanan KSB
    Kepala Dinas Ketahanan Pangan KSB
Riwayat Organisasi :

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KETAHANAN PANGAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang ketahanan pangandan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang ketahanan pangan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang ketahanan pangan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang ketahanan pangan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

   

 

DINAS SOSIAL

Nama

Ferial, S.K.M

NIP

196809101988032012

Pangkat/Golongan

Pembina Utama Muda, IV/c

TTL

Surabaya, 10 September 1968

Agama

Islam

Telepon/HP

081337328467

E-mail

ferialiyal69@gmail.com

Alamat Rumah

Lingk. Menala RT. 004 RW. 007 Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat

Riwayat Pendidikan

SD Negeri 4 Taliwang Tahun 1981

 

SMP Negeri Taliwang Tahun 1984

 

Sekolah Perawat Kesehatan di Sumbawa Besar Tahun 1987

 

Program Pendidikan Bidan di Sekolah Perawat Kesehatan Mataram Tahun 1990

 

D3 Kebidanan di Politeknik Kesehatan Mataram Tahun 2005

 

S1 Kesehatan Masyarakat

Riwayat Jabatan

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga pada Dinas Kesehatan Tahun 2005

 

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga  Berencana Kab. Sumbawa Barat Tahun 2011

 

Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kab. Sumbawa Barat Tahun 2013

 

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sumbawa Barat Tahun 2014

 

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Tahun 2018

 

Kepala Dinas Lingkungan  Hidup Tahun 2018

 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2022

 

Staf Ahli Bupati Sumbawa Barat Bidang Aparatur dan Kemasyarakatan Tahun 2022

 

Kepala Dinas Sosial Kab. Sumbawa Barat Tahun 2024

Riwayat Organisasi

Ketua Pokja 4 PKK Kabupaten

 

Ketua IBI Kabupaten

 

Ketua PORWOSI Kabupaten

 

Ketua IOSKI Kabupaten

KUNJUNGI: https://dinsos.prokopim.sumbawabaratkab.go.id/  

DOKUMEN TERKAIT:

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS SOSIAL

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang sosial dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang sosial;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang sosial;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang sosial;
  4. pelaksanaan administrasi Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

DINAS PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA

Nama

:

Nurdin Rahman, S.E

NIP

:

196807081998031010

Pangkat/Golongan

:

Pembina Utama Muda, IV/c

TTL

:

Sumbawa, 08 Juli 1968

Agama

:

Islam

Telepon/HP

:

081337604010

E-Mail

:

nurdin.bpkd@gmail.com

Alamat Rumah

:

RT 002 RW 008 Kelurahan Menala Kec. Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat

Alamat Kantor

:

Jalan Bung Karno, Komplek Kemutar Telu Center (KTC) Taliwang 84455

Riwayat Pendidikan

:

SD 08 Taliwang – 30 Mei 1980

 

 

SLTP Taliwang – 28 Mei 1983

 

 

SMAN 2 Mataram – 30 April 1986

 

 

Universitas Mataram Jurusan IESP – 2 Oktober 1993

Riwayat Jabatan

:

Kepala Seksi Koperasi, Kehutanan dan Perkebunan Dinas Koperasi dan UMKM

 

 

Kepala Seksi Kelembagaan Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Sumbawa Barat

 

 

Kepala Seksi Koperasi Dinas Perindagkop dan UMKM Kab. Sumbawa Barat

 

 

Plt. Kepala Bidang Koperasi Dinas Perindagkop dan UMKM Kab. Sumbawa Barat

 

 

Kepala Seksi Penyusunan Anggaran DPPKA Kab. Sumbawa Barat

 

 

Kepala Bidang Anggaran DPPKA Kab. Sumbawa Barat

 

 

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah – 3 Januari 2013

 

 

Kepala BPKD – 5 Januari 2018

 

 

Kepala Dinas Koperindag – 1 Oktober 2021

 

 

Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan

 

 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga

Riwayat Organisasi

:

 

Kunjungi> http://disparekraf.prokopim.sumbawabaratkab.go.id/

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kebudayaan dan pariwisata dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

Fungsi :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kebudayaan dan pariwisata;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Dokumen terkait:

DINAS KESEHATAN

1 Nama : dr. Carlof, M.MRS
2 NIP : 198201242010011000
3 Pangkat /Golongan : Pembina Tk I / IV b
4 TTL : Jakarta, 24 Januari 1982
5 Agama : Kristen Protestan
6 Telepon/HP : 08113992482
7 Email : cf_alex@yahoo.com
8 Alamat Rumah : Jl.Lingkar Selatan, Ds. Kemuning, Kec.Sekongkang, Kab.Sumbawa Barat, NTB 84445
9 Alamat Kantor : Dinas Kesehatan Sumbawa Barat
10 Riwayat Pendidikan : SD Don Bosko, Semarang
      SMP PL Domenico Savio, Semarang
      SMU Santo Thomas I, Medan
      S1-Kedokteran Umum- Unika Atma Jaya, Jakarta
      Profesi Dokter- Unika Atma Jaya, Jakarta
      S2-Magister Manajemen Rumah Sakit- Universitas Sangga Buana, Bandung
      Direktur RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat
      Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Barat
11 Riwayat Jabatan : Ketua ARSADA NTB
      Pengurus PERSI NTB
12 Riwayat Organisasi : Penasihat IDI KSB
      Pengurus PMI KSB
      Pengurus Asklin KSB

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KESEHATAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kesehatan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kesehatan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kesehatan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kesehatan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Kepala Dinas : SYAHRIL , ST.

NIP                : 197511102005011014

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG, PERUMAHAN DAN PEMUKIMAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

 

TUGAS:

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan dan pemukiman dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI:

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang bidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan dan pemukiman;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang bidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan dan pemukiman ;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang bidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan dan pemukiman;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Dokumen Terkait :

Dokumen 2020-2021:

 

kepala Dinas : Jamilatun, S.Pt,M.M.Inov

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PERTANIAN 

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kearsipan dan perpustakaan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

========================================================

DOKUMEN DINAS PERTANIAN, PERKEBUNAN & PETERNAKAN:

DINAS LINGKUNGAN HIDUP

Nama : Aku Nur Rahmadin, S.Pd., M.M.Inov
NIP : 19700924 199102 1 001
Pangkat/Golongan : Pembina Utama Muda/Ivc
TTL : Sumbawa, 24 September 1970
Agama : Islam
Telepon/HP : 081237197024
E-mail : akunurahmadin001@gmail.com
Alamat Rumah : Link. Pesanggrahan RT.003 RW. 001 Kelurahan Kuang Kec. Taliwang Kab. Sumbawa Barat
Alamat Kantor : Jln. Bung hatta Kompleks KTC Taliwang
Riwayat Pendidikan : SDN 08 Taliwang 
    SMPN 1 Taliwang 
    SPG Guru Sekolah Dasar SPGN Sumbawa Besar
    DII PGSD Universitas Terbuka
    S1 Teknologi Pendidikan Universitas Samawa Sumbawa Besar
    S2 Magister Manajemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa
Riwayat Jabatan : Kepala Dinas ( 26 Mei 2025 )
    Staf Ahli Bidang Aparatur dan Kemasyarakatan ( 21-03-2024 )
    Camat Taliwang ( 07 Januari 2020 )
    Sekretaris BKD KSB ( 07 Aguatus 2019 )
    Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan Dikpora KSB ( 03 Januari 2017 )
    PLT Sekdis Dikpora KSB ( 28 April 2016 )
    Kepala Bidang Dikmenti Dikbud KSB ( 02 September 2013 )
    Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu ( 03 Januari 2013 )
    Kepala Seksi Pengembangan Ekstrakurikuler Bidang Dikdas Dikpora KSB ( 06 November 2012)
    Kepala Seksi Monev Dikpora KSB ( 08 Februari 2010 )
Riwayat Organisasi :

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS LINGKUNGAN HIDUP

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS POKOK:

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang lingkungan hidup dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang lingkungan hidup;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang lingkungan hidup;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang lingkungan hidup;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Berikut dilampirkan data Dinas Lingkungan Hidup KSB :

data dinas lingkungan hidup

http://nakertrans.prokopim.sumbawabaratkab.go.id/

KEPALA DINAS : SLAMET RIADI , S.Pi.,M.Si.

NIP                    : 197504281999021002

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

   TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang tenaga kerja dan transmigrasi dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang tenaga kerja dan transmigrasi;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang tenaga kerja dan transmigrasi;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang tenaga kerja dan transmigrasi;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

Dokumen Terkait:

Dokumen 2020:

PROFIL KEPALA OPD

Nama                           : I Made Budi Artha, S.Sos., M.M.

Jabatan                        : Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS : Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kependudukan dan catatan sipil dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah. FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

DOKUMEN TERKAIT

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

Nama  :
Hj. Erna Idawaty, SE
NIP : 196605251986032000
Pangkat/Golongan : Pembina Utama Muda, IV/c
TTL : Taliwang, 25 Mei 1966
Agama : Islam
Telepon/HP : 08123732449
Email  :
Alamat Rumah  : RT 04 RW 02, Dusun Mura, Desa Mura, Kecamatan Brang Ene,
Kabupaten Sumbawa Barat, NTB
Alamat Kantor : Jln. Bung Hatta Kompleks KTC
Riwayat Pendidikan  : SDN 7 Taliwang
    SMPN Taliwang
    SMA 1 Sumbawa
    Sekolah Perawat Kesehatan Mataram 
    S1 Ekonomi Pembangunan UNSA
Riwayat Jabatan  : Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan KSB
    Kepala Dinas Kesehatan KSB
    Sekretaris Dinas Kesehatan KSB
    Perawat Madya
Riwayat Organisasi : Dharma Wanita Persatuan
    Gabungan Organisasi Wanita
    Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

BUPATI SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kearsipan dan perpustakaan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kearsipan dan perpustakaan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kearsipan dan perpustakaan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kearsipan dan perpustakaan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

PENGHARGAAN :

  1. Penghargaan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 dengan nilai A. Diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.
  2. Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Diberikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional pada Bulan Desember Tahun 2020.

 

 ==================================

DOKUMEN DINAS APUSDA KSB:

PROFIL KEPALA OPD

Nama                         : Drs. ABDUL RAZAK.

NIP                             : 196802011995121004

Jabatan                      : Kepala Dinas Pemadam Kebakaran

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PEMADAM KEBAKARAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS:

Melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang pemadam kebakaran yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan.

FUNGSI:

  1. perumusan kebijakan teknis bidang pemadam kebakaran;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis bidang pemadam kebakaran;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang pemadam kebakaran;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

PROFIL KEPALA OPD

Nama                           : AGUS PURNAWAN , S.Pi.,

NIP                               : ​196808081989031013

Jabatan                        : Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK KELUARGA BERENCANA

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang pengendalian penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang pengendalian penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengendalian penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang pengendalian penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

   

DOKUMEN TERKAIT :

  1. RENSTRA
  2. IKU
  3. LKjIP 2020

 

PROFIL KEPALA OPD

Nama                           : WAHIDIN, S.Pd.,MM

NIP                               : ​

Jabatan                        : Staf Ahli Ahli Bidang Perekonomian Dan Pembangunan

 

 

DOKUMEN TERKAIT :

  1. RENSTRA
  2. IKU
  3. LKjIP 2020

 

PROFIL KEPALA OPD

Nama                           : Drs. IBRAHIM.

NIP                               : ​196612311993031173

Jabatan                        : Staf Ahli Ahli Bidang Aparatur Kemasyarakatan

 

 

DOKUMEN TERKAIT :

  1. RENSTRA
  2. IKU
  3. LKjIP 2020

 

PROFIL KEPALA OPD

Nama                           : IBRAHIM.S.Sos.,MM

NIP                               : 196510281986111001

Pangkat/Golongan     : Pembina Utama Muda (IV/c)

Jabatan                        : Staf Ahli Ahli Bidang Hukum

 

 

DOKUMEN TERKAIT :

  1. RENSTRA
  2. IKU
  3. LKjIP 2020

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KECAMATAN

DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

 

 

KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

  • (1) Kecamatan dibentuk dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan;
  • (2) Kecamatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh Camat yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat ;
  • (3) Kecamatan mempunyai tugas mengkoordinasikan dan menyelenggarakan urusan pemerintahan umum, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan, dan melaksanakan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati untuk melaksanakan sebagian pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten serta tugas lainny asesuai ketentuan peraturan perundang- undangan;
  • (4) Kecamatan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (3) mempunyai fungsi;
    • a. perumusan kebijakan teknis di tingkat Kecamatan;
    • b. pengkoordinasikan pelaksanakan kegiatan di tingkat Kecamatan;
    • c. pembinaan dan pelaksanaan tugas pemerintahan di Kecamatan;
    • d. pelaksanaan tugas lain yang diperintahkan oleh Bupati; dan;
    • e. pelaksanaan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

SUSUNAN ORGANISASI

Kecamatan, terdiri dari:

    • a. Camat;
    • b. Sekretariat;
    • c. Seksi Tata Pemerintahan dan Ketertiban Umum;
    • d. Seksi Pelayanan Masyarakat;
    • e. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat;
    • f. Kelurahan;
    • g. Kelompok Jabatan Fungsional;

DAFTAR KECAMATAN DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

No Kecamatan  
1 Kecamatan Taliwang
Camat : Hermanto, S.Pd.,M.M
NIP : 197108171998021008
Alamat : Jalan Undru Nomor 1 Taliwang
2 Kecamatan Seteluk
Camat : Syamsul Hadi, S.Pd
NIP : 197208311994031006
Alamat : Jalan Ahmad Yani Nomor 49 Seteluk 
3 Kecamatan Poto Tano
Camat :
NIP :
Alamat : 
 
4 Kecamatan Brang Ene
Camat : Suarman, S.Pd., M.Si
NIP : 197104011994011002
Alamat : Jln. Raya Generong I KM 3 Desa Manemeng 
5 Kecamatan Brang Rea
Camat : Arkamuddin, S.Pi.,M.Si
NIP : 19731231 199203 1 009
Alamat : Jl. Raya Tepas No.1 Desa Tepas kec. Brang Rea 
6 Kecamatan Jereweh
Camat : Muhammad Solihin, S.Pd.,M.M
NIP : 19720707 1993021001
Alamat : Jalan Lintas Jereweh-Maluk Km.2 No. 59
7 Kecamatan Maluk
Camat :
NIP :
Alamat : 
 
8 Kecamatan Sekongkang
Camat :
NIP :
Alamat : 
 

 

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI LURAH

 TUGAS DAN FUNGSI:

  • Lurah mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam:
  1. Melaksanakan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  2. Melakukan pemberdayaan masyarakat;
  3. Melaksanakan pelayanan masyarakat;
  4. Memelihara Ketentraman dan ketertiban umum; dan
  5. Memelihara sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan umum.
  • Dalam melaksanakan tugas,  Lurah mempunyai fungsi:
  1. penyusunan program dan kegiatan Kelurahan;
  2. pengoordinasian penyelenggaraan pemerintahan di wilayah Kelurahan;
  3. penyelenggaraan kegiatan pembinaan ideologi negara dan kesatuan bangsa lingkup rukun warga;
  4. pengoordinasian kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  5. pembinaan penyelenggaraan terhadap kegiatan di bidang POS YANDU dan kebersihan;
  6. pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan bidang kesejahteraan sosial;
  7. pelaksanaan penatausahaan Kelurahan;
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsiny

SUSUNAN ORGANISASI:

  1. Lurah;
  2. Sekretaris Lurah;
  3. Kepala Seksi Pemerintahan;
  4. Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial;
  5. Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan;
  6. Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban; dan
  7. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

DAFTAR KELURAHAN DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

NO. NAMA ALAMAT
1. Kelurahan Dalam Jln. Sudirman-Taliwang
2. Kelurahan Arab Kenangan Jln.
3. Kelurahan Bugis Jln.
4. Kelurahan Telaga Bertong Jln.
5. Kelurahan Sampir Jln.
6. Kelurahan Menala Jln.
7. Kelurahan Kuang Jln.

PENJABAT SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN SUMBAWA BARAT

NAMA: Drs. MULYADI, M.Si.

NIP: NIP : 196512311986081006

 

SEKRETARIAT DAERAH

Sekretariat Daerah adalah Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, unsur staf yang membantu penyusunan kebijakan dan koordinasi pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Sekretariat Daerah dipimpin oleh seorang Sekretaris Daerah.

Susunan organisasi Sekretariat Daerah terdiri dari:
a. Unsur Pimpinan adalah Sekretaris Daerah;
b. Unsur Pembantu Pimpinan adalah Asisten Sekretaris Daerah terdiri atas :
1. Asisten Pemerintahan dan Aparatur membawahi 3 (tiga) Bagian sebagai berikut :
a) Bagian Pemerintahan, terdiri atas :
1) Subbagian Pemerintahan Umum;
2) Subbagian Pertanahan;
3) Subbagian Evaluasi Penyelengaraan Pemerintahan Daerah.
b) Bagian Hukum, terdiri atas :
1) Subbagian Perundang-Undangan;
2) Subbagian Bantuan Hukum dan HAM;
3) Subbagian Dokumentasi dan Informasi Hukum.
c) Bagian Organisasi, terdiri dari :
1) Subbagian Kelembagaan;
2) Subbagian Tatalaksana;
3) Subbagian Analisis Jabatan dan Kepegawaian Setda.
2. Asisten Perekonomian dan Pembangunan membawahi 3 (tiga) bagian sebagai berikut :
a) Bagian Perekonomian, terdiri atas :
1) Subbagian Administrasi Perkonomian;
2) Subbagian Administrasi Sumber Daya Alam;
3) Subbagian Pengembangan Investasi dan Dunia Usaha.
b) Bagian Administrasi Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, terdiri atas :
1) Subbagian Administrasi Pembangunan;
2) Subbagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;
3) Subbagian Peningkatan Kapasitas SDM.
c) Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan, terdiri atas:
1) Subbagian Administrasi Keagamaan;
2) Subbagian Administrasi Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan;
3) Subbagian Administrasi Pendidikan dan Kesehatan.
3. Asisten Administrasi Umum membawahi 3 (tiga) bagian sebagai berikut :
a) Bagian Umum dan Perlengkapan, terdiri atas :
1) Subbagian Tata Usaha;
2) Subbagian Perlengkapan;
3) Subbagian Rumah Tangga.
b) Bagian Penyusunan Program dan Keuangan, terdiri dari :
1) Subbagian Penyusunan Program;
2) Subbagian Administrasi Keuangan;
3) Subbagian Evaluasi dan Pelaporan Keuangan.
c) Bagian Humas dan Protokol, terdiri dari :
1) Subbagian Humas;
2) Subbagian Peliputan dan Dokumentasi;
3) Subbagian Protokol.
4. Kelompok Jabatan Fungsional.

Bagan Struktur organisasi Sekretariat Daerah :

Selengkapnya:

Perbup Rincian Tugas dan Fungsi Sekretariat Daerah

Dokumen Terkait :

LAKIP

SAKIP

 

 

 

 SAKIP PEM. KSB TAHUN 2018

 LAKIP KSB 2018

 SAKIP KSB TAHUN 2017

 LAKIP KSB 2016

 SAKIP KSB TAHUN 2016

 

 

   
   

 

Dokumen Tahun 2020:

BIODATA KEPALA BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK

Nama                                       : Syaifullah, SIP

NIP                                           : 

Jabatan                                    : Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

 

VISI DAN MISI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK

DI DALAM RPJMD KEPALA DAERAH KABUPATEN SUMBAWA BARAT

VISI

“TERWUJUDNYA PEMENUHAN HAK-HAK DASAR MASYARAKAT YANG BERKEADILAN MENUJU KABUPATEN SUMBAWA BARAT SEJAHTERA BERLANDASKAN GOTONG ROYONG”

MISI

  1. MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN YANG PARTISIPATIF DAN RESPONSIF BERLANDASKAN NILAI-NILAI AGAMA, KEARIFAN LOKAL, MUSYAWARAH MUFAKAT DAN GOTONG ROYONG;
  2. MEWUJUDKAN KUALITAS HIDUP MANUSIA DAN MASYARAKAT YANG TINGGI DAN MAJU;
  3. MEWUJUDKAN PEMENUHAN HAK-HAK DASAR MASYARAKAT DAN PELAYANAN PUBLIK YANG BERKUALITAS DAN BERMANFAAT;
  4. MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN BAGI KELOMPOK MASYARAKAT MISKIN DAN MASYARAKAT RENTAN MASALAH SOSIAL EKONOMI.
  5. MEWUJUDKAN PENINGKATAN DAYA SAING MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI DAERAH YANG BERBASIS EKOLOGI DAN LINGKUNGAN;
  6. MEWUJUDKAN INDUSTRIALISASI SEKTOR UNGGULAN KOMPARATIF DAN UNGGULAN KONPETITIF WILAYAH, INFLASI YANG TERKENDALI DAN PENCIPTAAN KESEMPATAN KERJA BAGI ANGKATAN KERJA YANG MENGANGGUR.

 

Dokumen Terkait:

Kepala Dinas : NOVRIZAL ZAINSYAH, ST

NIP                :

Dokumen Terkait: